Jumat, 07 Maret 2014

tata cara sholat lima waktu dan sujud sahwi



Klik disini untuk DOWNLOAD 

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
            Ibadah merupaka kewajiban bagi setiap orang muslim baik itu laki-laki ataupun perempuan. Dengan ibadah kita dapat lebih dekat dengan sang pencipta Allah SWT. Kali ini dalam makalah yang akan memaparkan tentang SK dan KD Mata Pelajaran Fiqih kelas VII semester I. Dari KD yang berkaitan dengan Mata Pelajaran Fiqih tersebut menjelaskan tentang ibadah yang meliputi: tata cara sholat lima waktu, bacaan-bacaan salat lima waktu, ketentuan waktu salat lima waktu, ketentuan sujud sahwi dan Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi.
B.    Rumusan Masalah
            Dari latar belakang yang telah dijelaskan pada SK dan KD Mata Pelajaran Fiqih kelas VII semester I meliputi:
1.      Bagaimana tata cara sholat lima waktu?
2.      Apa saja bacaan-bacaan pada sholat lima waktu?
3.      Bagaimana ketentuan-ketentuan pada waktu sholat lima waktu?
4.      Bagaimana ketentuan sujud sahwi?
5.      Bagaimana praktik sholat lima waktu dan sujud sahwi? 

C.    Tujuan
1.      Menjelaskan tata cara sholat lima waktu.
2.      Menghafalkan bacaan-bacaan pada sholat lima waktu.
3.      Menjelaskan ketentuan-ketentuan waktu sholat lima waktu.
4.      Menjelaskan ketentuan sujud sahwi.
5.      Mempraktik sholat lima waktu dan sujud sahwi.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Tata cara salat lima waktu.
            Asal makna Shalat menurut bahasa Arab berarti do’a, kemudian yang dimaksut di sini: yaitu ibadat yang tersusun dari beberapa perkataan dan beberapa perbuatan yang dimulai dengan takbir disudahi dengan salam, menurrut beberapa syarat tertetu.
Firman Allah SWT : واقىم الصلوة ان الصلوة تنهى عن الفحشاء والمنكر
Artinya: ....Kerjakanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan yang jahat (keji) dan yang munkar... (Al-Ankabut 45)
            Shalat yang diwajibkan atas tiap-tiap orang yang dewasa dan berakal, ialah lima waktu sehari semalam. Mulai turun perintah wajib shalat itu, ialah pada malam isra’ mi’raj setahun sebelum tahun hijriyah.
            Kemudian dalam hal ini akan dibahas tentang tata cara shalat lima waktu, yaitu:
·        Niat, arti niat ini ada dua:
            Asal ma’na niat ” menyengaja ”, sesuatu perbuatan dengan adanya sengaja ini, perbuatan dinamakan ikhtijari ( kemauan sendiri bukan di paksa ).
            Niat pada syara’ ( yang menjadi rukun shalat dan ibadat yang lain-lain) yaitu: menyengaja suatu perbuatan karena mengikuti perintah Allah agar supaya diridhainya, inilah yang dinamakan ihlas. Maka orang yang shalat hedaklah ia sengaja mengarjakannya.
Firman Allah SWT :             وما امروالا ليعبد واالله مخلصين له الدين
Artinya : “ Dan meraka tidak disuruh melainkan supaya menyembah Allah serta dengan ikhlas beragama kepadaNya, (beribadah menurut perintahNya) ” Al-Baiyinah 5
·        Berdiri bagi orang yang mampu, adapun pengecualian bagi orang yang tidak mampu berdiri ketika sholat boleh dengan duduk dan kalau tidak mampu ia boleh berbaring, dan kalau tidak mampu berbaring boleh dengan menelentang. Kalau juga tidak mampu sholat semampunya seperti dengan isyarat sekalipun. Yang terpenting sholat tidak boleh ditinggalkan selama imam masih ada.
·        Takbiratul-Ihram, (membaca ..Allahu Akbar..)
            Cara dari takbiratul-ihram ialah, mengangkat kedua tangan diatas pundak kemudian kedua telapak tangan membuka, lalu letakkan kedua tangan diatas perut dan dibawah dada, dilanjutkan tangan kanan memegang pergelangan tangan kiri. Disambung membaca الله اكبر  dan do’a iftitah:
الله اكبر كبرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا اني وجهت وجهي للذي فطرا لسموات والارض حنيفا مسلما وما انا من المشركين انصلاتي ونسكي ومحياي ومما تي لله رب العلمين لاشريك له وبذلك امرت وانا منالمسلمين
Sabda Rasulullah SAW: قا رسول الله ص م مفتاح الصلاة الوضوء وتحريمها التكبير وتحليلها التسليم
Artinya: “ Kunci sholat itu wudhu, permulaannya takbir dan penghabisannya salam”. (Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi).
·        Membaca Surat Al-fatihah, kemudian disusul dengan bacaan surah-surah pendek.
·        Ruku’ serta tuma’ninah (berhenti).
            Setelah membaca surah Al-fatihah dan surah-surah pendek dilanjutkan pada ruku’ yaitu, membungkukkan badan, kedua tangan memegang kedua lutut, antara kepala dan punggung harus sama (rata), setelah dirasa cukup kemudian membaca:
سبحان ربي العظيم وبحمده  3 kali
·        I’tidal serta tuma’ninah (berhenti).
            Kedua tangan diangkat diatas pundak, kemudian dilepaskan jangan sampai kedua tangan bergerak-gerak. Kemudian membaca:
سمع الله لمن حمده ربنا لك الحمد مل ء السموات وملءالارض وملء ماشؤت من شيء بعد
·        Sujud dua kali serta tuma’ninah (berhenti).
            Sujud dilakukan dengan cara kedua tangan diturunkan dan tidak perlu diangkat ke atas, kemudian lutut lebih dulu menyentuh pada alas (sajadah), kedua  kedua tangan menyentuh pada alas (sajadah), antara dahi dan hidung menyentuh pada alas, kaki di angkat seperti menjinjit, kedua tangan untuk laki-laki agak di buka, namun bagi perempuan tidak perlu dibuka. Dilanjutkan membaca:
سبحا ن ربي الاعلى وبحمده    kali  3
·        Duduk di antara dua sujud dan tuma’ninah (berhenti).
            Duduk iftirasy di antara dua sujud dan tasyahud awal, duduk tawaruk pada tasyahud ahir, meletakkan tangan kanan di atas paha kanan terkepal dengan jari telunjuk menunjuk, meletakkan tangan kiri di atas paha kiri.[1] Kemudian membaca:
رب اغفرلي وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واهد ني وعا فني واعف عني  .[2]
·        Duduk ahir, untuk tasyahud ahir dan shalawat atas Nabi SAW dan atas keluarga beliau.
·        Membaca tasyahud ahir.
·        Salam (yang pertama kea rah kanan dan disusul kea rah kiri).
·        Tertib (meletakkan tiap-tiap rukun pada tempatnya menurut susunannya yang tersebut di atas).
Sabda Rasulullah: قال رسلول الله صلى الله عليه وسلم : صلوا كما رايتموني اصلى  
            ( Sholatlah kamu sebagaimana kamu lihat saya bersholat )…… Riwayat Bukhari.[3]
*     Syarat-syarat wajib sholat lima waktu.
1.      Islam, adapun orang yang tidak islam tidak wajib baginya menunaikan sholat.
2.      Suci, baik dari hadast kecil maupun besar.
3.      Berakal, orang yang tidak berakal tidak wajib sholat.
4.      Baligh, (sampai umur dewasa).
5.      Telah samapai da’wah (perintah Rasulullah SAW, kapadanya), orang yang belum menerima perintah tidak di tuntut dengan hukum.
6.      Melihat atau mendengar, melihat atau mendengar merupakan syarat wajib sholat walau pada suatu waktu untuk kesempatan mempelajari hukum-hukum syara’ orang yang buta dan tuli sejak lahir tidak dituntut dengan hukum, karena tidak ada jalan baginya untuk belajar hukum-hukum syara’.
7.      Terjaga, (tidak tidur). Maka orag yang tidur tidak wajib sholatnya begitu pula dengan orang yang lupa.
*     Syarat-syarat sah sholat lima waktu.
a.      Suci dari hadast kecil dan besar.
b.      Suci badan, pakaian dan tempat dari pada najis.
c.      Menutup aurat, Aurat ditutup dengan suatu yang menghalangi kelihatan warna kulit, aurat laki-laki antara pusar dengan lutut sedangkan pada perempuan seluruh tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan.
d.     Mengetahui adanya waktu sholat. Diantara syarat sah sholat mengetahui waktu sholat sudah ada.
e.      Menghadap kiblat (ka’bah), selama melaksanakan sholat harus menghadap kiblat.
*     Hal-hal yang membatalkan sholat.
Ø  Meninggalkan salah satu rukun atau memutuskan rukun.
Ø  Meninggalkan salah satu syarat.
Ø  Dengan sengaja berkata-kata.
Ø  Banyak bergerak.
Ø  Makan atau minum.[4]
*     Sunah-sunah dalam sholat.
            Ada dua macam sunah dalam sholat:
1.      Sunah ab’ad yaitu sunnah yang apabila ditinggalkan karena lupa disunah kan diganti dengan sujud sahwi dilakukan pada ahir sholat sebelum salam.
2.      Sunah hai’at yaitu sunnah yang apabila ditinggalkan tidak perlu disunahkan diganti dengan sujud sahwi. 
B.    Bacaan-bacaan salat lima waktu.
            Ibadah sholat merupakan ibadah mahdhah (ibadah yang tidak bisa diwakilkan), oleh karena itu sholat harus dilaksakan sesuai dengan apa yang telah dicontohkan Nabi SAW.
Adapun bacaan-bacaan dalam sholat yaitu:
a.      Niat. (niat untuk melaksakan sholat), misalnya niat sholat magrib:
اصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مستقبل القبلة ماءموما اماما لله تعالى              
b.      Takbir, yaitu mengangkat kedua tangan sambil mengucapkan الله اكبر 
c.      Do’a iftitah.
            الله اكبر كبرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا اني وجهت وجهي للذي فطرا لسموات والارض حنيفا مسلما وما انا من المشركين انصلاتي ونسكي ومحياي ومما تي لله رب العلمين لاشريك له وبذلك امرت وانا منالمسلمين
d.     Membaca surah Al-fatihah.
e.      Membaca surah-surah Al-qur’an (contoh Al-Ihlas).
f.       Do’a ketika ruku’.
سبحان ربي العظيم وبحمده                         3 kali
g.      Do’a i’tidal
سمع الله لمن حمده ربنا لك الحمد مل ء السموات وملءالارض وملء ماشؤت من شيء بعد
h.      Do’a sujud
سبحا ن ربي الا على وبحمده                  3 kali
i.        do’a di antara dua sujud.
رب اغفرلى وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واهدني وعافني واعف عني     
j.        Bacaan tasyahud awal.
التحيا ت المبا ركا ت الصلوا ت  الطياة لله السلا م عليك ايها النبي ورحمة الله وبراكاته السلام علينا وعلى عبا دالله الصلحين اشهد ان لا اله الا الله واشهد ان محمدارسول الله اللهم صلى على سيدنا محمد  
k.      Do’a tasyahud ahir.
وعلى ال سيد نا محمد كما صليت على سيد نا ابرا هيم وعلى ال سيد نا ابرا هيم وبارك على سيد نا محمدلاوعلى ال سيد نا محمد كما با ركت على سيد نا ابراهيم وعلى ال سيد نا ابرا هيم في المين حميد مجيد
l.        Mengucapkan salam. السلا م عليكم ورحمة الله  .[5]

C.    Ketentuan waktu salat lima waktu.
            Firman Allah SWT :
قا ل الله تعا ل ان الصلوة كا نت على المؤمنين كتا با موقوتا              
            ”Sesungguhnya sholat itu diwajibkan atas orang yang beriman, menurut waktu tertentu. ” An-Nisa’ 103.
            Sholat fardhu wajib atas tiap-tiap orang mukallaf (baligh dan berakal), lima kali sehari semalam.
1.      Sholat Zuhur, awal waktunya setelah tergelinjirnya matahari, sedangkan ahirnya bila bayang-bayang suatu benda telah menjadi sama dengan bayang-bayang benda itu sendiri.
2.      Sholat Asar, awal waktunya bila bayang-bayang setiap benda telah menjadi sama dengan bayang-bayang benda itu sendiri dan lebih sedikit, sedangkan ahirnya sampai terbenam matahari.
3.      Sholat Magrib, awal waktunya sejak terbenam matahari sedangkan ahirnya terbenam mega merah (sisa cahaya matahari pada waktu senja). 
4.      Sholat Isya’, awal waktunya sejak terbenam syafaq (mega merah), sedangkan ahirnya terbit fajar shadiq (permulaan subuh).
5.      Sholat Subuh, awal waktunya sejak terbit fajar shadiq sedangkan ahirnya terbit matahri.
            Awan itu ada tiga macam, merah, kuning, dan putih. Yang merah waktu magrib, sedangkan kuning dan putih waktu isya’. Ini merupakan penjelasan tentang waktu sahnya untuk melakukan sholat lima waktu. Disamping itu ada waktu yang diharamkan untuk melakukan sholat lima waktu yaitu:
a.      Ketika terbit matahari hingga sepenggalah yaitu, lebih kurang enam puluh menit sesudah matahari terbit.
b.      Ketika matahari istiwa (berada di tengah-tengah langit, waktunya hanya sebentar dan tidak lama) selain hari jum’at hingga tergelincir.
c.      Ketika matahari kekuning-kuningan hingga terbenam.
d.     Sesudah sholat subuh hingga matahari terbit (dan naik sepenggalah).
e.      Sesudah sholat ashar hingga terbenam matahari.
Penjelasan tersebut diperkuat dengan hadist nabi:
لاصلاة بعد الصبح حتى تطلع الشمس ولا صلاة بعد العصىر حتى تغيب الشمس ( متفق عليه )  
            “ Tidak ada sholat sesudah sholat Subuh hingga matahari naik, tidak pula sesudah sholat Asar hingga terbenam matahari ”. (Muttafaq’alaih).
            Kata sahabat Utbah bin Amir “Rasulullah SAW. Melarang kita sholat pada tiga waktu dan mengubur mayat padanya, yaitu: ketika matahari tampak terbit hingga naik, ketika batas tengah hari (istiwa) hingga tergelincir, dan ketika matahari akan terbenam hingga terbenam”. (Riwayat Muslim).[6]
D.    Ketentuan sujud sahwi.
            Sujud sahwi merupakan salah satu sujud yang dilakukan ketika meninggalkan atau lupa melakukan syarat dan rukun sholat. Untuk sujud sahwi di lakukan ketika lupa melaksanakan tahiyat awal, membaca do’a kunut. Cara untuk melaksanakannya setelah selesai membaca tahiyat ahir sebelum salam lakukan sujud dua kali kemudian baru salam. Adapun bacaan dari sujud sahwi adalah sebagai berikut: سبحان من لاينام ولا يسهو .
v Sebab-sebab sujud sahwi yaitu:
Pertama, ketinggalan tahiyat awal atau ketinggalan kunut menurut pendapat-pendapat yang telah terdahulu.
Kedua, kelebihan raka’at atau ruku’ atau sujud sebab lupa.
Ketiga, karena ragu (Syak) bilangan raka’at yang telah dikerjakan. Umpama ia ragu apakah raka’at yang sudah dikerjakan tiga atau empat, maka hendaklah ia jadikan bilangan yang yakin yaitu, disini tiga raka’at maka ia tambah satu raka’at lagi serta ia sujud sahwi sebelum ia salam.
Keempat, apabila kurang raka’at sholat karena lupa.  
            Dari beberapa penjelasan diatas para ulama’ bersepakat bahwa sujud sahwi dilakukan sebelum salam bukan sesudah salam. Hukum dari sujud sahwi adalah sunah yang penting untuk imam dan orang yang sholat sendiri. Adapun makmum ia wajib mengikuti imamnya, berarti kalau imam sujud ia wajib pula sujud mengikuti imamnya dan apabila imam tidak sujud ia tidak boleh sujud sendiri.[7]
E.    Praktik salat lima waktu dan sujud sahwi.
1.      Jika seseorang lupa bilangan rakaat yang telah dikerjakan hendaknya ia mengambil yang diyakini yaitu yang sedikit. Kemudian sebelum salam disunnahkan sujud sahwi.
2.      Jika imam mengerjakan sujud sahwi, maka makmum wajib mengikutinya meskipun tidak tahu sebab dan belum selesai sholatnya (karena masbuq).
3.      Jika terjadi beberapa kesalahan dalam sholat yang menyebabkan sunatnya sujud sahwi, maka sujud sahwinya cukup dilakukan sekali saja. [8]

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Dari penjelasan materi diatas tentang Mata Pelajaran Fiqih kelas VII semester I, berkaitan dengan SK dan KD bab ibadah maka sudah jelas bahwa tujuan pembelajaran tersebut untuk memberikan bahan materi ajar kepada anak-anak didik kelas VII semester I. Dan materi ajarnya meliputi: tata cara sholat lima waktu, bacaan-bacaan pada sholat lima waktu, ketentuan-ketentuan waktu sholat lima waktu, ketentuan sujud sahwi, dan Mempraktik sholat lima waktu dan sujud sahwi.



[1] Syaikh Abdul Qadir Jailani, Fiqih Tasawuf, (Bandung, pustaka Hidayah, 2001), hlm.95
[2] Minan Zuhri Asnawi, Fasholatan,(Kudus, Menara Kudus, 1995), hlm. 19-32
[3] H. Sulaiman Rasjid, Fiqih Islami, (Jakarta, Attahiriyyah, 1976), hlm. 64
[4] Drs. H. Kahar Masyhur, Salat Wajib, (Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2004), hlm.82-84
[5] Prof. Dr. Zakiah Daradjat, Shalat Menjadikan Hidup Lebih Bermakna, (Jakarta, CV. RUHAMA, 2000), hlm. 9-10
[6] Syekh Salim Ibnu Samir Al-Hadhrami, Ilmu Fiqih (Safinatunnaja), (Bandung, Sinar Baru Algensindo, 2004), hlm. 38-40
[7] Opcit, hlm. 60
[8] Ibid, 41-42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar