Kamis, 10 Desember 2015

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE TANYA JAWAB (PENELITIAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI GIRIMULYO KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011 – 2012)



DOWNLOAD
Daftar Pustaka

Lampiran-lampiran


ABSTRAK

M. Thowil. 2012. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Metode Tanya Jawab ( Penelitian pada Siswa kelas satu SD Negeri Girimulyo Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang).Skripsi Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing:Dr. Winarno, S. Si, M. Pd
Kata Kunci: Akidah Akhlak dan Prestasi Belajar
Pembelajaran Akidah Akhlak di SD Negeri Girimulyo masih terdapat kendala-kendala yang mendorong penyempurnaan secara terus menerus. Kendala tersebut diantaranya kurang memahami materi, kurangnya guru memberi motivasi dan lemahnya guru dalam pengembangan pendekatan dan metode yang bervariasi, sehingga prestasi belajar akidah akhlak masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas satu SD Negeri Girimulyo Kecamatan Windusari Magelang. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas satu SD Negeri Girimulyo Kecamatan Windusari Magelang.Teknik pengambilan data dengan obervasi, wawancara dan metode tes. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 31 siswa dan metode yang digunakan adalah metode tanya jawab. Perlakuan yang diberikan kepada subyek adalah memehami kalimat Thayyibah (basmalah) dengan menggunakan metode tanya jawab. Maka dinyatakan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari Penerapan metode tanya jawab pada siswa kelas satu SD Negeri Girimulyo Kecamatan Windusari terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian, keaktifan dan prestasi belajar pada materi Akidah Akhlak dengan materi pokok memahami kalimat Thayyibah (basmalah) dari 31 Siswa pada siklus I Perhatian sebesar 22,58%, keaktivan siswa sebesar 36,29%, Prestasi belajar sebesar 50%. Pada siklus II dari 31 siswa Perhatian sebesar 45,16%, Keaktivan siswa sebesar 56,45%, Prestasi belajar sebesar 67,5%, dan pada siklus III dari 31 siswa Perhatian sebesar 54,83%, Keaktivan siswa sebesar 62,9%, Prestasi belajar sebesar 74,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian ini membuktikan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang memuaskan baik dalam penyelesaian tugas secara kelompok maupun secara individu dari ke 31 siswa nilainya sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar